Game : Minesweeper
History
Minesweeper memiliki asal-usul dalam permainan mainframe awal tahun 1960-an dan 1970-an. Nenek moyang tertua dari Minesweeper adalah Cube Jerimac Ratliff. Gaya gameplay dasar menjadi segmen yang populer dari genre permainan puzzle selama tahun 1980, dengan judul seperti ditambang-Out (Quicksilva, 1983), Yomp (Virgin Interactive, 1983), dan Cube. Cube digantikan oleh Logic Relentless (atau RLogic untuk pendek), oleh Conway, Hong, dan Smith, tersedia untuk MS-DOS pada awal tahun 1985, pemain mengambil peran swasta di Korps Marinir Amerika Serikat, memberikan sebuah pesan penting ke Pusat Komando AS. RLogic memiliki kesamaan yang lebih besar untuk Minesweeper daripada Cube dalam konsep.
Permainan seperti apa itu?
Minesweeper adalah permainan yang dimainkan oleh 1 pemain saja (single player). permainan ini bertujuan untuk membuka semua kotak atau sel yang berisi angka atau kosong dalam satu lahan tanpa membuka kotak atau sel yang berisi ranjau.dalam permainan ini terdaat 3 tingkat kesulitan yakni Beginner, Intermediet, dan advanced.
1. beginner = 10 mines(ranjau/tambang) dan 9x9 tile grid
3.Advanced = 99 mines (ranjau/tambang) dan 16x30 tile grid
Selain dari ketiga tingkat kesulitan tersebut, ada satu option dimana kita bisa mengatur sendiri jumlah tile grid dan mine nya sesuai keinginan. Namun dalam option custom ini untuk tile grid minimal height 9, maksimal 24 dan weidth minimal 9, maksimal 30. untuk mines minimal 10 dan maksimal 668.
Let's play!!
Permainan ini dimainkan dengan cara membuka kotak atau sel dengan melakukan klik. Sel yang telah terbuka dan berisikan angka menandakan jumlah ranjau di sekelilingnya. Sel dengan angka 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, atau 8, angka itu menunjukkan jumlah bom di 8 arah sekitar sel. Jika sel berisikan angka 0 berarti sel tersebut akan terlihat kosong dan menandakan bawha sekitarnya adalah angka, bukan ranjau. Kotak yang terbuka namun berisikan ranjau menandakan permainan berakhir dan kalah. Untuk menandai letak ranjau yang ditemukan tanpa harus membuka atau agar tidak terbuka karena lupa, bisa menandainya dengan cara klik kanan. Dengan klik kanan maka akan keluar bendera atau tanda tanya (question mark) sebagai penanda letak ranjau. Setelah letak semua ranjau ditemukan tanpa membukanya dan semua sel kecuali sel ranjau telah dibuka, maka permainan ini telah dimenangkan.
0 komentar:
Posting Komentar